Rabu, 28 Agustus 2013

Head to Head, Guardiola Masih Unggul atas Mourinho


Jakarta - Laga Piala Super Eropa 2013 bukan sekadar duel antara Bayern Munich melawan Chelsea. Laga ini juga menghidupkan kembali rivalitas lama antara Pep Guardiola dan Jose Mourinho.

Bayern dan Chelsea akan saling berhadapan di Piala Super Eropa di Eden Arena, Praha, Sabtu (31/8/2013) dinihari WIB. Bayern datang dengan status sebagai juara Liga Champions, sementara Chelsea adalah kampiun Liga Europa.

Guardiola dan Mourinho sempat menjadi rival di La Liga. Persaingan mereka pun menjadi perhatian tersendiri karena keduanya menukangi dua klub terbesar di Spanyol: Guardiola bersama Barcelona dan Mourinho di Real Madrid.

Selama di Spanyol, Guardiola dan Mourinho tercatat bertemu sebanyak 11 kali. Dari catatan pertemuan itu, Guardiola memenangi lima pertandingan di antaranya sementara Mourinho cuma menang dua kali.

Pertemuan pertama antara Guardiola dan Mourinho terjadi di La Liga musim 2010/2011. Dalam pertemuan di Camp Nou itu, Los Cules menang telak dengan skor 5-0 atas Madrid. Sementara saat berduel di Santiago Bernabeu, kedua tim bermain imbang 1-1.

Keduanya juga berhadapan di ajang Copa del Rey. Kali ini Mourinho yang jadi pemenang setelah Madrid unggul 1-0 lewat babak perpanjangan waktu di partai final.

Masih di musim yang sama, Guardiola dan Mourinho kembali terlibat duel, kali ini di babak semifinal Liga Champions. Guardiola kembali mengungguli Mourinho setelah Barca menang 2-0 di Santiago Bernabeu dan bermain imbang 1-1 di Camp Nou.

Guardiola dan Mourinho kemudian berjumpa di Piala Super Spanyol. Di laga leg pertama yang digelar di kandang Madrid, kedua tim bermain imbang 2-2. Barca kemudian memastikan gelar Piala Super Spanyol setelah menang 3-2 di leg kedua di Camp Nou.

Di La Liga musim 2011/2012, Guardiola bersama Barca meraih kemenangan 3-1 di kandang Madrid. Keduanya kemudian kembali bertemu di Copa del Rey, kali ini di babak perempatfinal. Barca memenangi leg I dengan skor 2-1 di markan Madrid dan berimbang 2-2 di leg II.

Laga antara Barca melawan Madrid di Camp Nou di putaran kedua La Liga musim itu menjadi laga terakhir antara Guardiola vs Mourinho. Di pertandingan itu, Mourinho mencatatkan kemenangan keduanya atas Guardiola usai Madrid menang dengan skor 2-1.

Bagaimanapun, pertemuan Guardiola dan Mourinho kali ini sudah berbeda sebab keduanya berada di bawah panji-panji klub barunya. Kendati demikian, aroma rivalitas antara keduanya sedikit-banyak diyakini masih ada.

Rekor Pertemuan Guardiola vs Mourinho

La Liga 2010/2011
Barcelona 5 - 0 Real Madrid
Real Madrid 1-1 Barcelona

Copa del Rey 2010/2011
Barcelona 0 - 1 Real Madrid

Liga Champions 2010/2011
Real Madrid 0 - 2 Barcelona
Barcelona 1 - 1 Real Madrid

Piala Super Spanyol 2011
Real Madrid 2 - 2 Barcelona
Barcelona 3 - 2 Real Madrid

La Liga 2011/2012
Real Madrid 1 - 3 Barcelona
Barcelona 1 - 2 Real Madrid

Copa del Rey 2011/2012
Real Madrid 1 - 2 Barcelona
Barcelona 2 - 2 Real Madrid

Total pertemuan: 11 kali
Guardiola menang: 5
Mourinho menang: 2
Imbang: 4

Ditulis Oleh : Achmad Aldiansyah // 15.33
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

My Profile

Foto saya
Hanya pelajar yang baru kenal namanya internet dan ketagihan wkwk :v blogger dri sd sih tpi msih cupu :'v yaaa harapannya sih Ingin menjadi orang yang sukses dunia dan akhirat.
 
Diberdayakan oleh Blogger.